*hasil Googling*

1. Start > Run (***atau bisa juga dengan pencet tombol “Windows”+R secara bersamaan) Ketikkan >> Services.msc >> jangan lupa klik “OK”.

2. Nantinya Window “Services” akan muncul, dari situ carilah kata-kata “Wireless Zero Configuration”, langsung aja diklik 2X (double klik).

3. di tab “general”:

a) Di start-up type: pilih “Automatic”.

b) langkah terakhir, silakan klik “start”.

 

Done

Kasus seperti itu biasa terjadi terutama laptop-laptop keluaran sekarang. Hal ini muncul disebabkan karena pihak pabrikan (dell, toshiba, ibm, dll) telah membuatkan software khusus yang memanajemen sinyal wi-fi. Jadi apabila software tersebut tiba-tiba hilang, atau rusak atau lupa tidak di-install maka kasus seperti tadi akan muncul. Penyebabnya adalah kebanyakan pihak pabrikan selalu menonaktifkan fitur “Wireless Zero configuration” (fitur bawaan Windows yang mengatur sinyal Wi-fi), tujuannya ya agar anda menggunakan fitur bawaan dari pabrik tersebut, lagian apabila dua-duanya diaktifkan akan terjadi crash, jadi salah-satu harus ada yang mengalah.

Permasalahannya adalah kita sudah terbiasa dengan fitur bawaan Windows tersebut, jadi jika tiba-tiba sinyal hilang, kita langsung panik “wah…wi-fi ku rusak”

Gak, Sobat, wi-fi anda tidak rusak, cuma perlu di-setting ulang yaitu mengaktifkan kembali “Wireless Zero Configuration”.

Alternatif penyelesaian kedua untuk kasus di atas adalah dengan meng-install kembali software wi-fi dari pihak pabrikan, nantinya software itu yang akan memanajemen sinyal wi-fi. Bagi sebagian orang cara ini agak kurang nyaman karena belum familiar, tapi bila anda sudah mengenalnya, mungkin anda akan setia untuk menggunakannya karena sebetulnya software bawaan dari pihak pabrik lebih bagus daripada bawaan windows, cuma karena kita sudah akrab dengan bawaan Windows anda jadi malas untuk mencoba hal yang baru.

Ok, kembali ke tutorial yang tadi…

setelah anda pencet “Start” di langkah yang terakhir tadi, maka fitur “Wireless Zero Configuration” sudah aktif. Artinya anda sekarang sudah bisa mencari sinyal wi-fi dengan mudah.