Punya bos baik hati, super cuek, atau galak? Menurut Insidetech.com, bos-bos di dunia terbagi dalam 8 tipe. Bagaimana cara membuat mereka jatuh hati, semua ada di sini.

1. Si robot yang super kaku
Jangan harap bisa nyambung kalau ngobrol soal diskon, fashion, atau seleb. Kehadirannya membuat suasana kantor penuh tekananan, tapi ia merupakan sosok yang bisa menyukseskan anak buahnya.
Jurus mengambil hati:
Bos tipe ini sangat objektif saat menilai kinerja. So, bila kita ingin mengambil hatinya, disiplin adalah hal mutlak, seperti on time saat rapat dan patuh pada deadline. Bila ada kesempatan makan siang bareng, minta dia cerita soal perjalanan kariernya. Selain bisa menciptakan kedekatan emosional, ia bisa memberi banyak saran membangun soal dunia kerja.

2. Si senyum palsu
Wajahnya sih bersahabat, tapi bakatnya untuk mengkritik pedas patut diacungi jempol.
Jurus mengambil hati:
Ia tak mempan dengan pendekatan apapun yang kita lakukan. Satu-satunya cara ialah jangan tunjukkan kalau kita sensitif terhadap kritik pedasnya. Bisa-bisa kita semakin di-bully. Jaga jarak adalah pilihan terbaik.

3. Hati selembut sutra
Sikapnya yang cenderung “tidak enakan” membuat suasana kantor terasa lebih santai. Enak sih, tapi bila terlena, efektivitas kerja kita bisa menurun. Apalagi untuk kita yang masih ingin mengasah kemampuan dan melebarkan sayap karier.
Jurus mengambil hati:
Walau kadang ia tak memberi teguran saat ada rekan yang terus datang telat padahal kita sudah mati-matian datang on time, jangan dulu asal protes. Diam-diam ia juga menilai hasil kerja walau tak diutarakan secara blak-blakan. Jadi, bekerjalah dengan santai tapi pasti.

4. Bos seribu janji
Ia dengan mudahnya memberi iming-iming, mulai dari menjanjikan naik gaji atau promosi, bila kita bersedia bekerja lembur atau mengerjakan proyek tambahan yang ia berikan.
Jurus mengambil hati:
Menyelesaikan semua pekerjaan tambahan yang ia minta ternyata malah membuat jarak yang jauh dengannya. Pasalnya, bukannya terkesan, ia malah akan menganggap kita tidak profesional dan gampang disuruh apa saja. Sebaiknya jangan dulu percaya dengan apa yang ia iming-imingi bila tak ada pernyataan tertulis dari perusahaan. Sikap profesional bisa membuatnya lebih respek.

5. Office-mate
Sikapnya yang ramah, bersahabat, dan humoris. Namun, ia terbilang subjektif dalam memberi penilaian.
Jurus mengambil hati:
Sesekali terima tawaran untuk ngopi atau hangout bareng sepulang kantor. Walau sudah akrab, bukan berarti kita bisa lalai dengan tugas kantor. Sebab, semakin dekat, semakin ia akan lebih “perhatian” soal kerjaan. Tapi kalau ia sudah nyaman dengan Anda, promosi pasti ada di depan mata deh.

6. Seribu banding satu
Kriteria bos idaman ada pada tipe ini. Tegas tapi peduli, humoris, dan inspiring. Tak hanya jago ngasih tugas dan kritik, namun ia bisa menjadi mentor yang baik untuk meningkatkan performa.
Jurus mengambil hati:
Jangan pernah umbar janji atau sok manis, karena ia tahu mana karyawan yang handal dan tidak. Walau ia hampir tidak pernah marah, ia cukup tegas dalam mengambil sikap untuk para pekerja yang tidak perform. Sebaiknya, sering-sering minta penilaian dan masukan agar kita tahu nilai diri kita di matanya.

7. The monster
Enggak heran kalau si bos bisa tiba-tiba banting pintu atau marah-marah bila ada hal yang tak sesuai dengan ekspektasinya. Sebenarnya ia baik kok, hanya saja bos tipe ini tidak bisa menyembunyikan rasa marahnya.
Jurus mengambil hati:
Intinya, jangan pernah cari masalah. Ikuti aturannya saat berada di kantor. That’s it!

8. Inovator sejati
Penuh dengan ide-ide segar, punya karisma, pokoknya, tipe bos yang bisa membuat kita bangga, tapi juga menuntut waktu ekstra demi mewujudkan mimpi-mimpinya dalam bisnis.
Jurus mengambil hati:
Work hard and show commitment! Jurus lainnya, dibanding ngobrol soal pekerjaan saat makan siang, lebih baik tanyakan tentang hobinya, keluarga, atau kegiatannya di weekend nanti. Dengan begitu, Anda tak hanya bisa merebut hatinya di dunia kerja, tapi juga kehidupan pribadi. Bila ia sudah terkesan, ia akan bersikap sangat loyal.

(Ayunda Pininta Kasih/ Precilia Meirisa)

from: http://chicmagz.com/read/2426/kenali-8-tipe-bos