Sedikit-sedikit jangan langsung minum obat. Coba dulu mengonsumsi makanan yang memiliki khasiat sebagai pereda sakit.

Sakit Kepala? Makanlah Ikan 

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya peradangan ringan. Anda bisa mencobanya dengan cara yang sederhana dan alami, yaitu banyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak omega-3, seperti ikan tuna, salmon, mackerel, dan sebagainya. Sering mengonsumsi minyak ikan juga efektif mencegah sakit kepala. Konsumsi juga jahe yang bisa meredakan peradagan dan nyeri.

Sulit Tidur? Biasakan Minum Madu

Tidur merupakan satu-satunya cara untuk mengistirahatkan tubuh. Salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan triptofan atau nutrisi. Dan madu mengandung asam amino triptofan yang memiliki efek sebagai obat penenang sehingga bisa membuat tidur kita lebih berkualitas. Jadi biasakan untuk meminum satu sendok teh madu yang dicampur dengan teh herbal, atau susu ditambah madu sebelum tidur.

PMS? Siapkan Cornflakes
Bagi sebagian perempuan hari-hari menjelang menstruasi atau dikenal dengan istilah Premenstrual Syndrome seringkali dianggap sebagai ‘masa-masa penyiksaan.’ Perut kembung, sakit kepala, sulit konsentrasi, emosi tidak stabil, gampang menangis dan marah, dan maunya makan berlebihan. Gangguan menjelang menstruasi ini sebaiknya diatasi dengan baik. Salah satu cara alami untuk menangkal PMS adalah mengonsumsi semangkuk karbohidrat seperticornflakes yang bisa membantu mengurangi rasa marah, depresi, kecemasan dan kelelahan.

Batuk? Bersahabatlah dengan Cabai Merah

Perpaduan vitamin A, B dan C pada cabai dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit, seperti batuk, flu dan pilek. Sebuah zat yang mirip dengan yang ditemukan dalam obat batuk ditemukan dalam cabai. Itu sebabnya, rempah ini berkhasiat sebagai dekongestan dan ekspektoran. Untuk meredakan batuk dan pilek, tambahkan sedikit bubuk cabai merah pada jus lemon, lalu campurkan dengan air hangat dan madu sebagai pemanis. Minum larutan ini tiga kali sehari.

Demam? Minumlah Yogurt 

Yogurt merupakan sumber yang baik untuk protein, fosfor, kalsium dan magnesium serta kalori. Salah satu produk fermentasi susu yang dibuat dengan menambahkan dua jenis bakteri, yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Dengan manfaat baik yang terdapat pada yogurt biasakan minum yogurt sebelum musim panas atau kering untuk mencegah demam. Tambahkan juga dengan minum madu lokal setiap hari.

Perut Mual? Pisang dan Jahe 

Seperti yang disarankan Robynne Chutkan, M.D, asisten profesor Gastroenterology di Georgetown University Hospital. Pisang mengandung potassium yang Anda butuhkan jika mengalami kekurangan cairan karena muntah atau diare. Pisang juga bisa menentramkan perut kembung Anda. Manfaat yang kurang lebih sama, juga ada pada jahe. Sebagai salah satu obat tradisional, jahe sering digunakan untuk mengatasi perut mual. Seperti yang terungkap dalam sebuah riset yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society of Clinical Oncology, tahun 2009 silam, jahe dapat mengurangi efek mual pada pasien kanker payudara yang menjalami kemoterapi.

Mudah Lupa? Coba Tiram atau Kerang 

Kerang  mungkin menjadi salah satu makanan favorit Anda. Selain rasanya enak, kerang juga mengandung banyak nutrisi, di antaranya zinc (seng), zat besi dan mineral lainnya yang bermanfaat bagi tubuh, terutama otak Anda. Mengonsumsi kerang bisa membantu meningkatkan daya ingat, sehingga Anda tidak gampang lupa. Kekurangan zinc dan zat besi mengakibatkan konsentrasi buruk, sulit mengingat dan penyakit lainnya.

(Nayu Novita/Equita Maulidya)

———————————————————————————————–

Gangguan penyakit ringan seperti, flu, batuk dan sakit kepala bisa diatasi dengan cara sederhana. Ini di antaranya:

Flu dan batuk: 

Resep 1: Ambil ½ sendok teh jus jahe, tambahkan ½ sendok teh madu murni. Minum tiga kali sehari.
Resep 2: Campur 5 ml jus bawang merah dengan 10 ml madu murni. Minum dua kali sehari.
Resep 3: Ambil beberapa daun mint dan daun kayu putih, lalu didihkan. Hirup uapnya.

Sakit kepala

Resep 1: Minum pepermint teh mint, lalu tidur.
Resep 2: Tambahkan jus lemon ke dalam segelas air putih atau teh hangat.

(Nayu Novita/Equita Maulidya)

———————————————————————————————–

 

Di setiap makanan, tentu terdapat berbagai macam bumbu dapur yang membuatnya semakin lezat. Namun siapa sangka, 4 bumbu dapur berikut mempunyai manfaat lain yang membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Bawang Putih: Di dalamnya terkandung allicin yang berfungsi melawan kolesterol tinggi dan kadar gula darah.

Jahe: Biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh. Selain itu juga berfungsi melancarkaan pencernaan, menghilangkan racun dari tubuh, meningkatkan metabolisme dan mengontrol nafsu makan berlebih.

Kayu Manis: Bisa digunakan untuk pengganti gula di rumah dan dapat menghancurkan karbohidrat lebih baik.

Kunyit: Di dalamnya terdapat kandungan curcumin yang bisa membantu menghilangkan jaringan lemak.

(Equita Maulidya)

 

 

from: http://www.chicmagz.com/read/2459/makanan-pengganti-obat

http://www.chicmagz.com/read/2445/resep-alami-untuk-penyakit-ringan

http://www.chicmagz.com/read/2429/4-bumbu-dapur-sehat