Catatan Ringan Nur Hidayat

UKM merupakan kekuatan penting dalam industri lokal karena kemampuannya melakukan produksi dalam skala kecil. sayangnya dalam setiap kesempatan betemu dengan mereka selalu ucapan yang sering muncul adalah

Kita sudah mampu memproduksi dan menjaga kualitas tapi begitu akan memasarkan produk, kami selalu kebingungan. banyak yang menolak produk kami dengan berbagai alasan, jadi kami harus bagaimana agar dapat memasarkan produk?”

Sebuah ungkapan yang wajar. sayangnya banyak ahli pemasaran di negara ini yang belum banyak menyentuh untukmembangkitkan kemampuan saudara-saudara kita.

saya bukanlah ahli pemasaran karena saya mendapat pendidikan di bidang mikrobiologi, namun seringnya menerima keluhan saudara-saudaraku di UKM maka saya mencoba meranngkum beberapa hal yang mungkin terlewatkan oleh para pelaku UKM.

Pertanyaan strategis untuk usaha anda:

• Apakah keunikan produk anda?
• Dimana produk anda mudah diperoleh?
• Dimanakan nilai paling besar dari produk anda?
• Apakah komentar  yg paling umum dari konsumen terhadap produk anda?
Pertanyaan strategis untuk kompetitor
¨ Siapakah…

View original post 97 more words