:: Management06 ::

Memahami Perilaku Konsumen Spiritual

Oleh : M. Sigit Wahyu Kurnianto

Memahami perilaku konsumen merupakan tugas penting pemasar. Dalam penciptaan produk, penentuan pasar sasaran, dan menentukan aktivitas promosi harus memperhatikan perilaku konsumen agar serangkaian strategi pemasaran yang dijalankan dapat tepat sasaran dan pengelolaan anggaran pemasaran dapat digunakan secara bijak.

Perilaku konsumen dari pasar sasaran ini dibedakan menjadi dua, yaitu pasar konsumen dan pasar organisasi atau industri.Pasar konsumen merupakan pembelian barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Pembelian ini dilakukan oleh end-user (konsumen akhir) yang dalam istilah marketing disebut B2C (Business to Customer).Sedangkan pasar organisasi atau industri merupakan pembelian yang dilakukan oleh organisasi yang memerlukan barang untuk diproduksi menjadi bentuk lain atau dijual kembali kepada pihak lain.Pembelian yang dilakukan oleh organisasi atau industri ini disebut B2B (Business to Business).Tulisan ini selanjutnya akan menyinggung perilaku konsumen end-user (B2C) yang dikaitkan dengan masalah spiritual.

Perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh…

View original post 575 more words