Ini Itu Sana Sini

Ini sudah telat beberapa hari, mohon maaf ya baru ucapkan ‘Dirgahayu Gerakan Pramuka’ yang ke-52! HEBAT! Gerakan pendidikan yang berusaha mencetak generasi muda yang santun dan berkualitas ini telah memberikan kontribusi yang luar biasa besar dalam pembangunan bangsa Indonesia. Memang gerakan ini telah banyak berkontribusi, tapi saya ingin mengajak kita urusi hal personal kita saja. Apakah kamu seorang Pramuka? Apakah kamu sudah terbilang ‘ikut serta’ dalam kontribusi pembangunan bangsa Indonesia?

Saya memiliki rekan yang sangat beragam, dari yang keluarganya (kakek-nenek, orang tua, paman-tante, dan anak-anaknya) Pramuka; dari yang ‘terpanggil’ sampai ‘terpaksa’ jadi Pramuka, hingga yang tidak pernah ikut kegiatan Pramuka dalam masa hidupnya. Tetapi kekaguman saya pada rekan-rekan saya adalah; mereka percaya bahwa Kepramukaan tidak terbatas pada seragam, teknik kepramukaan (morse, semaphore, tali temali yang diajarkan masa SD-SMP – yang banyak rekan saya mengaku sudah lupa), hubungan/interaksi dengan stakeholders Gerakan Pramuka, atau hal ‘tampak’ lainnya; tetapi lebih kepada semangat pembangunan dan…

View original post 878 more words