menggapai secercah harapan dalam ruang rindumu

 1. Overview Treasury

“Treasury kurang dikenal pada masa lalu dan hanya dikenal sebagai kegiatan dana yang dilihat secara sepintas yang berfungsi sangat apatis terhadap gejolak bunga ataupun nilai tukar yang terjadi”

Di Indonesia, pada umumnya istilah Treasury seringkali hanya dihubungkan dengan perusahaan yang bergerak dalam industri perbankan. Padahal penggunaan istilah Treasury sebenarnya bukan “monopoli” dari industri perbankan saja. Treasury sebenarnya adalah nama dari suatu unit kerja di dalam suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan dana dari organisasi atau perusahaan tersebut.

Dalam sejarah bank-bank yang dimiliki oleh pemerintah, pernah dikenal nama Biro Dana yang tugasnya masih terbatas pada mengelola arus dana masuk (cash inflow) dan arus dana keluar (cash outflow).

Baru setelah deregulasi perbankan tahun 1983, dan terlebih lagi setelah Pakto (Paket Kebijakan Oktober) tahun 1988, manajemen perbankan pada umumnya merasakan perlunya suatu unit kerja yang mampu membaca situasi pasar uang dikaitkan dengan kebutuhan bank…

View original post 892 more words