Strategika!

pom.jpgGambar: southern.com.my

Ditulis oleh Efendi Arianto pada Feb 3, 2008. Silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya.

PENDAHULUAN

Klasifikasi industri adalah suatu hal penting dalam struktur pasar mengingat semakin besar jumlah penjual (produsen) maka akan semakin kompetitif industri tersebut.

Klasifikasi industri dapat dikelompokkan dalam empat kategori berdasarkan karakteristiknya masing-masing sebagai berikut.

Perfect Competition
– banyak penjual
– produk yang homogen
– tidak ada hambatan untuk masuk

Monopolistic Competition
– banyak penjual
– produk terdiferensiasi
– tidak ada hambatan untuk masuk

Oligopoly
– sedikit penjual
– produk homogen atau terdiferensiasi
– hambatan untuk masuk tinggi

Monopoly
– hanya ada satu penjual
– produk yang unik
– hambatan untuk masuk sangat tinggi

Monopoly adalah bentuk konsentrasi industri yang paling tinggi. Semakin terkonsentrasi suatu industri, kekuatan pasar (market power; kemampuan untuk menentukan harga) dari suatu perusahaan dalam suatu industri juga akan meningkat. Umumnya, margin laba akan suatu perusahaan meningkat ketika kekuatan pasar yang dimilikinya…

View original post 976 more words